Kapanlagi. com – Debut adalah kausa dari perjuangan sebuah boyband buat tetap kokoh berdiri dan bisa bersama-sama mencapai tujuan mereka. Dibanding situ pula, boyband tersebut mau diuji oleh berbagai macam pukulan yang salah satunya adalah kematian member. Yap, terkadang sebuah tim harus rela melepas kepergian anggotanya karena berbagai alasan. Namun, itu akhirnya bangkit dan melanjutkan karier dengan anggota yang tersisa.

Membuktikan kekuatan sebuah grup, inilah beberapa boyband K-Pop yang tetap bisa eksis berkarier, walaupun pernah di tinggal beberapa anggotanya.

1. Super Junior

Istimewa Junior merupakan salah satu boyband K-Pop yang bisa menegakkan eksistensinya, bahkan sampai hampir berusia 15 tahun. Selama rentan masa itu, mereka telah ditinggal sebab 3 membernya yang masing-masing muncul karena alasan yang berbeda. Dalam tahun 2015 mantan anggotanya, Kibum menutup kontraknya pada tahun 2015 sebab ingin fokus berakting, sedangkan enam tahun sebelumnya Hangeng terlebih dahulu berhenti karena perselisihannya dengan SM Entertainment. Satu lagi member Super Junior dengan harus melepaskan diri dari perserikatan adalah Kangin , ia memilih hengkang setelah tersandung beberapa masalah hukum seperti mengarahkan dalam keadaan mabuk.

dua. EXO

Tahun 2014-2015 merupakan tahun terberat untuk EXO dan fans mereka, EXOL. Pasalnya, grup yang debut tahun 2011 itu ditinggal pergi oleh 3 member Cinanya yang keluar secara berendeng. Diawali dengan Kris yang menghentikan kontraknya pada Mei 2014, lalu Luhan yang hengkang 5 bulan setelahnya, dan terakhir Tao yang juga memutuskan undur diri di awal tahun 2015. Meski begitu, 9 anggota EXO tetap bertahan dan terus berkarier mematok saat ini.

3. Monsta X

Boyband selanjutnya yang pernah di letak keluar membernya adalah Monsta X. Monsta X harus rela melepas kepergian visual grupnya, Wonho karena tuduhan penggunaan narkoba yang menimpanya. Walaupun ditinggal saat masa comeback, Monsta X langgeng bekerja secara profesional dan jadi menyelesaikan masa promosinya dengan cantik. Mereka juga terus menelurkan karya baru dengan anggota yang tertinggal.

4. iKON

Pada 2019, leader iKON Kim Hanbin atau B. I menetapkan untuk hengkang dari grupnya sesudah terseret kasus dugaan penggunaan narkoba. Meski kini tidak memiliki leader, grup besutan YG Entertainment ini tetap lanjut berkarier lho! Mereka bahkan merilis mini album baru pada Februari 2016. Tahu nggak sih, ternyata B. I masih turun tangan di mini album itu, ia bahkan ikut menciptakan kaum lagu di album yang bertajuk I DECIDE itu.

5. WINNER

Mungkin, banyak dari kita yang mengira kalau WINNER memang beranggotakan 4 member saja. Nyatanya zaman mereka debut dengan 5 anggota lho! Sayangnya, Nam Tae Hyun harus keluar grup karena alasan kesehatan. Untungnya, WINNER bisa melalui rintangan tersebut dan tetap eksis sampai era ini.

6. TVXQ

TVXQ dikenal sebagai sebuah perserikatan duo, tapi faktanya grup tersebut debut dengan lima member yang terdiri dari Changmin, Yunho, Jaejoong, Yoochun, dan Junsu . Namun, di tahun 2009 Jaejoong, Yoochun, dan Junsu memutuskan keluar dari TVXQ sesudah mengajukan tuntutan hukum terhadap agensinya. Walau tinggal berdua, Changmin dan Yunho bisa mempertahankan grup mereka hingga lumrah sebagai duo SM yang paling sukses.

7. THE BOYZ

Dalam awal karier mereka, THE BOYZ harus di tinggal satu membernya Hwall sebab cedera kaki yang ia alami. Pantang menyerah, grup yang bernaung di bawah Cre. kerz Entertainment ini tetap meneruskan karier bermusik mereka dengan 11 anggota yang tersisa. Beruntung, kini nama THE BOYZ semakin dikenal setelah berpartisipasi dalam acara ROAD TO KINGDOM .

8. Stray Kids

Kepergian Woojin pada 2019 lalu tentunya masih sangat melekat di hati pada Stay, julukan untuk fans Stray Kids . Walau begitu, perkumpulan yang diketuai oleh Bang Chan ini bisa bangkit dan meneruskan perjalanan mereka sampai sukses seperti sekarang. Keren banget kan?

9. AB6IX

Zaman hendak merilis album keduanya, AB6IX memiliki cobaan berat karena ditinggal lengah satu membernya, Lim Youngmin. Youngmin memastikan hengkang dari grup, setelah ditangkap karena berkendara dalam keadaan mabuk. Tidak berlarut dalam kesedihan, AB6IX kesimpulannya tetap meneruskan comeback mereka dengan tertunda dengan 4 anggota dengan tersisa.

10. Big Mas

Skandal yang menimpa maknae Big Bang, Seungri merupakan salah satu peristiwa besar dengan mengguncang ranah K-Pop. Sangking dahsyatnya, Seungri sampai memutuskan mundur dari negeri hiburan dan tentunya keluar lantaran Big Bang juga. Miski tinggal berempat, Big Bang tetap melanjutkan karier mereka dan bahkan sempat dijadwalkan tampil di acara musik terbesar Amerika, COACHELLA .

Maski tak lagi utuh, boyband-boyband pada atas tetap bisa mempertahankan eksistensinya di industri musik Korea. Itu tetap gigih berjuang dengan personil yang tersisa. Salut banget membentuk?

Ditulis oleh: Ghariza Fathia

Sudah Baca dengan Ini?